Sabtu, 13 Oktober 2018

Kunjungan Wisatawan Hingga Agustus

Kunjungan Wisatawan Mancanegara pada agustus 2018 mengalami penurunan sebanyak 1.91% yakni menjadi 1,51 juta kunjungan dari bulan sebelumnya. Jika diakumulasikan maka selama periode Januari hingga Agustus, pertumbuhannya meningkat sebesar 12.3% menjadi 10.58 juta kunjungan. Hal ini dirasa cukup baik secara angka, namun penurunan kunjungan ini tentu memiliki beberapa akar penyebabnya.

Kunjungan Wisatawan
Kunjungan Wisatawan
Ada dua faktor yang membuat jumlah wiman turun, salah satunya adalah kejadian gempa yang terjadi di Lombok beberapa bulan yang lalu. Juga penurunan kunjungan wisatawan ke pulau Bali karena kondisi Gunung Agung yang sempat tidak stabil. dari Data BPS, kunjungan wisatawan ke Bali turun 8,37% di agustus yang hanya menjadi 582 ribu. Hal ini juga berlaku pada wilayah lainnya seperti di NTB dan daerah lainnya.

Pemerintah sendiri menargetkan pendapatan dari sektor pariwisata sebesar $17 miliar pada tahun ini dengan total kunjungan mencapai 17 juta kunjungan. Namun hingga agustus kemarin, capaiannya baru mencapai 62.2%. Dapatkah pemerintah mengejar ketertinggalan dari target yang dibebankan sebelumnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar