Sabtu, 22 Desember 2018

Mengapa Suku Bunga The Fed Naik

Suku bunga The Fed Naik dalam beberapa tahun terkahir. Diketahui, The Federal Reserve/Bank sentral Amerika Serikat (AS) di dalam FMOC (Federal Market Open Comittee) yang dilangsungkan dari tanggal 18 sampai dnegan 19 Desember 2018 telah memutuskan untuk menaikkan kembali suku bunga acuannya the fed hingga sebesar 25 basis poin (bps) yang menjadi 2,5%.
The Fed Naik
The Fed Naik

Kenaikan suku bunga acuan the fed ini merupakan kenaikan yang keempat kalinya dalam tahun 2018 ini dan yang kesembilan kalinya semenjak tahun 2015 silam. Naiknya suku unga acuan the fed telah sesuai dengan ekspetasi pasar yang sebelumnya seiring dengan perkembangan ekonomi amerika serikat yang telah menimbulkan pertumbuhan inflasi. Sementara itu, The Fed juga telah menurunkan proyeksi kenaikan suku bunga acuannya pada tahun mendatnag menjadi hanya sebatas 2 kali dari yang sebelumnya diproyeksikan untuk menurunkan proyeksi kenaikan suku bunga acuannya sebanyak 3 kali.

Untuk diketahui, inflasi yang terjadi di Amerika Serikat telah mengalami tren kenaikan semenjak tahun 2015 hingga tahun 2018. Bahkan, jauh dari itu, pada pertangahan tahun 2018, naiknya harga di Amerika Serikat telah mencapai 2,9% jika dibandingkan dengan perode yang sama di tahun sebelumnya (YoY).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar