Minggu, 03 Februari 2019

Berapa Produktivitas Jagung Nasional

Produksi Jagung Nasional dikabarkan terus mengalami pertumbuhan seiring dengan bertambahnya jumlah lahan tanaman jagung nasional. Akan tetapi, persentase bertambah luasnya lahan tanaman jagung nasional masih belum bisa diimbangi oleh pertumbuhan produksi jagung nasional. Apalagi permintaan konsumsi jagung nasional dalam negeri yang semakin emninggi tidak dapat diimbangi oleh produktivitas jagung nasional.
Jagung Nasional
Jagung Nasional

Sehingga memaksa pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan impor jagung yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan jagung dalam negeri baik untuk Industri maupun pakan ternak. Di samping itu, impor jagung juga bermanfaat untuk menstabilkan harga sehingga tidak terjadi inflasi atau lonjakan harga jagung yang melambung tinggi. Berdasarkan data dari Kementerian pertanian bahwa produksi jagung Indoneisa pada angka ramalan I tahun 2018 adalah seberat 30,56 juta ton dengan luas lahan panen seluar 5,73 juta hektare (ha).

Dari luas lahan dan produksi jagung nasional maka produktivitas jagung nasioanl di tahun 2018 adalah seberat 52,41 kwintal per hektare. Peningkatan luas lahan panen jagung tahun 2018 diperkirakan mencapai 5,66% dari tahun 2017 dan pertumbuhan produktivitasnya naik 3,64%. Sehingga secara umum, produktivitas jagung Indonesia hanya dapat tumbuh sebesar 0,27% dari tahun 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar