Jumat, 16 November 2018

Produksi Operasi Pasar Bulog

Menteri Perdagangan menginstruksikan untuk segera melakukan Operasi Pasar Bulog. Operasi pasar ini bertujuan untuk menjaga harga beras agar stabil dan tidak melambung tinggi. Melambungnya harga beras bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah meningkatnya permintaan beras, peningkatan permintaan ini didasari oleh tingginya kebutuhan masyarakat. Terutama mendekati hari - hari besar seperti hari raya dan lain - lain. Selain tingginya permintaan masyarakat, gagal panen dan pasokan beras yang sedikit juga memicu tingginya harga beras.
Operasi Pasar Bulog
Operasi Pasar Bulog

Oleh Karenanya Kementerian Perdagangan Menginstruksikan Bulog untuk segera melakukan operasi pasar. Pengadaan Bulog untuk kebutuhan beras pada tahun 2018 ini telah menyentuh angka sebesar 2,95 juta ton yang berasal dari dalam negeri sebesar 1,47 juta ton dan hasil impor sebanyak 1,48 juta ton. Untuk diketahui, sampai tanggal 8 November 2018 Bulog telah melakukan kegiatan operasi pasar sebanyak 405 ribu ton. 

Dengan adanya operasi pasar Bulog, diharapkan daya beli masyarakat tetap terjaga, pasokan beras aman, dan harga tetap stabil. Jika tidak dilakukan operasi pasar bisa jadi harga beras melambung tinggi dan menjadi langka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar