Minggu, 03 Februari 2019

Manfaat Penyaluran Dana Desa

Penyaluran Dana Desa dinilai telah opitmal dalam membangun kehidupan bermasyakat desa baik dari segi ekonomi maupun infrastruktur. Menteri Keuangan, Sri Mulyani menjelaskan bahwa ada beberapa perubahan penting terkait alokasi dana desa. Seperti perubahan pada alokasi DAU (Dana alokasi umum) yang kembali menjadi ebrsifat final sehingga nantinya lebih menjamin kepastian sumber pendanaan untuk APBD (anggaran Pendapatan dan belanja Daerah).
Penyaluran Dana Desa
Penyaluran Dana Desa

Di tahun 2019 ini, Pemerintah telah mengalokasikan dana desa dengan besaran 70 triliun rupiah dan transfer daerah dengan besaran 756,8 triliun rupiah. Sementara itu, secara khusus di Provinsi Nusa Tenggara Timur, dana desa dan juga transfer daerah telah mengalami kenaiakn yang cukup bervariasi di tahun 2019 ini.

Seperti diketahui, penyaluran dana desa selama empat tahun dari tahun 2015 sampai dengan 2018 telah memberikan banyak manfaat untuk masyarkaat desa. Selama empat tahun itu pula dana sebesar 188 triliun rupiah telah digelontorkan pemerintah utnuk membangun banyak infrastruktur dan meningkatkan indikator kesejahteraan desa sehingga menurunkan tingkat kemiskinan nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar