Sabtu, 13 Oktober 2018

Belanja Masyarakat Akan terus alami kenaikan

Belanja Masyarakat menurut data dari Kementerian Bappenas atau PPN menunjukan adanya peningkatan pola belanja masyarakat yang bergerak dari sektor komponen - komponen non-leisure yaitu kebutuhan pokok seperti makan dan minum menjadi belanja masyarakat untuk leisure yaitu rekreasi. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya konsumsi masyarakat akan kebutuhan trnsportasi dan juga komunikasi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kebutuhan lainnya pada periode 2008 sampai dengan 2018.
Belanja Masyarakat

Dalam data yang telah dikeluarkan beberapa pekan lalu, Bappenas menjelaskan bahwa peran konsumsi akan transprtasi dan komunikasi telah meningkat dari hanya 23,4% menjadi 24,7%. Sedangkan, peran belanja masyarakat akan konsumsi di restoran dan hotel juga mengalami peningkatan yaitu dari 9,1% menjadi 9,3%, disisi lain, Belanja masyarakat terhadap kebutuhan makanan dan minuman menurun menjadi 36,7%.
Peningkatan belanja masyarakat akan kebutuhan rekreasi ini berjalan lurus dengan tingkatan tumbuhnya pengguna internet yang telah mencapai level 112 juta pengguna. Meningkatnya alokasi belanja rekreasi ini juga terlihat dari maraknya transaksi online yang tumbuh diatas dua digit secara tahunan (yoy).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar