Jumat, 26 Oktober 2018

BPS Akan Data Produksi Beras

Data Produksi Beras Nasional semenjak tahun 1997 atau diera Kepemimpinan Presiden Soeharto tidak memiliki data beras yang akurat sehingga dapat menggeser keputusan dan kebijakan pemerintah terhadap upaya ketahanan pangan. Pada pemerintahan Presiden Joko Widodo, data produksi beras akan dihitung oleh badan pusat statistik atau BPS.
Data Produksi Beras
Data Produksi Beras

BPS (badan pusat statistik) nantinya akan menghitung data produksi beras secara akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. Mengingat begitu pentingnya dat aproduksi beras maka pemerintah berupaya untuk mendapatkan data beras yang valid yang sangat berguna sekali untuk mengambil kebijakan dan keuptusan soal ketahanan pangan, apakah akan dilakukan impor beras atau malah sebaliknya Indonesia mampu untuk swasembada pangan.

Dalam menghitung data produksi beras, nantinya BPS akan bekerja sama dengan pihak - pihak terkait guna membantu menyelesaikan penghitungan indikator - idnikator untuk dapat memproyeksikan data produksi beras pada masa panen. salah satunya caranya adalah dengan menghitung luas tanah sawah menggunakan citra satelit diseluruh penjuru Indonesia, hasil tersebut nantinya akna diverifikasi menggunakan kunjungan langsung menuju area persawahan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar