Sabtu, 13 Oktober 2018

Luas Wilayah dan Produktivitas di Palu

Imbas dari Gempa dan Tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala sangat besar. Terutama dalam pemenuhan kebutuhan makanan di daerah tersebut. Musibah yang melanda wilayah tersebut akan berdampak pada produksi padi di Sulawesi Tengah pada tahun ini. Hal ini disebabkan kabupaten donggala merupakan wilayah dengan Luas Sawah terbesar kelima dengan produksi padi mencapai 106 ribu ton. Sementara untuk kota Palu memiliki produksi padi sebesar 2 ribu ton.

Luas Sawah
Luas Sawah
Sedangkan jika melihat data produksi padi yang tertinggi yakni di wilayah Parigi Muotong yang luas wilayahnya mencapai 52 ribu hektar dengan produksi padi tahunan mencapai 283,5 ribu ton, yang diikuti oleh wilayah Banggai yang memiliki produksi 168 ribu ton. Secara umum, luas lahan yang ada di Sulawesi Tengah mencapai 204 ribu hektar dengan kapasitas produksi mencapai 1 juta ton.

Jadi, dengan adanya bencana gempa dan tsunami ini, membuat wilayah sulteng memikul tugas berat untuk memberikan produksi padi yang lebih tinggi. Sementara untuk kebutuhan masyarakat sendiri masih akan terus stabil. Nantinya pemerintah dapat menugaskan bulog untuk memenuhi kebutuhan yang kurang akibat terjadinya gempa tersebut. Namun kedepan pemerintah perlu untuk membangkitkan kembali semangat para petani wilayah tersebut agar produksi menjadi lebih stabil dan maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar