Jumat, 26 Oktober 2018

Google Sarankan Startup Unicorn

Indonesia saat ini hanya memiliki 4 Startup Unicorn yakni Tokopedia, Go-Jek, Traveloka, dan Bukalapak. 4 Startup Unicorn telah memiliki valuasi usahanya mencapai lebih dari 1 Miliar Dolar Amerika Serikat atau sekitar 15 Triliun rupiah. Untuk itu, Head Of Startup Programs, Google Cloud Asia John Fitzpatrick menyebutkan bahwa ada 3 buah tips jitu agar industri kreatif maupun startup baru yang ingin menjadi Unicorn Baru nagi Indonesia.
Startup Unicorn
Startup Unicorn

Yang pertama menurut John adalah dengan merangkul konsumen. Langkah ini merupakan modal awal bagi startup untuk menjadi UNICORN, dengan cara menargetkan pasar yang jelas. sebagai contoh adalah setengan dari jumlah penduduk Indonesia sudah dapat terkoneksi dengan internet yang artinya hal tersebut bisa menjadi basis konsumen yang potensial hingga dapat melahirkan beragam inovasi didalamnya. contohnya adalah Go-jek yang semula hanya bergerak di moda transportasi online, kini memiliki inovasi go-food, go-galm, dan sebagainya.

Tips yang kedua adalah mengumpulkan data, Data bagi UNICORN adalah Keharusan yang sangat tinggi. Hal ini ditujukan sebagai acuan untuk membuat layanan dan langkah yang tepat untuk menggaet konsumen.

Tips yang ketiga adalah membudayakan mental UNICORN pada setiap karyawan startup agar semangat Unicorn dapat mendarah daging bukan hanya kepada jajaran pemimpin startuo tapi juga semangat tersebut tercermin dari wajah para karyawannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar